Blog

RAHASIA CANTIK BUGAR DARI PAKAR AESTHETIC & ANTI – AGING

Posted On April 14, 2017 at 2:55 am by / No Comments

Dalam legenda rakyat Jawa Barat ada sebuah kisah tentang Dayang Sumbi yang awet muda dan cantik karena selalu memakan makanan mentah dari hutan. Konon juga, mojang Priangan jaman dahulu terkenal berparas cantik dan berkulit halus. Adakah hubungan antara kecantikan tersebut dengan kebiasaan orang Sunda yang senang makan lalap mentah dan pepes-pepesan yang sehat? Bisa jadi, betul sekali.

dr. David dari DF clinic sedang memberikan materi seminar

Hari Senin, 21 Maret 2016 saya menghadiri sebuah seminar yang sangat menarik di Hotel Best Western Premier La Grande. Informasi tentang seminar berasal dari pengurus Blogger Bandung dengan tema “Ngobrol Kece Body Aesthetic dan Kesehatan Tubuh” yang dibawakan dr. David Budi Wartono dari DF clinic. Dokter David adalah seorang pakar Aesthetic dan Anti-aging yang sangat serius membantu siapapun yang membutuhkan saran atau masukan tentang kesehatan, kebugaran, dan fit setiap hari. Dokter David memiliki banyak pengalaman baik pada diri sendiri ataupun orang lain yang memiliki masalah kesehatan yang diakibatkan oleh ketidak-seimbangan hormon, misalnya kegemukan (obesitas), masalah kulit (jerawat, ketombe, dll), masalah imunitas dan alergi, serta masih banyak lagi.

Mendengarkan informasi yang disampaikan oleh Dokter David rasanya seperti konsultasi masalah pribadi yang selama ini disimpan sendiri. Beliau banyak bercerita bukan hanya berdasarkan teori tapi berdasarkan fakta yang beliau ketahui secara langsung. Contohnya adalah soal susu. Saat ini susu adalah produk yang menurut beliau kualitasnya sangat buruk, Kenapa? Bukankah seharusnya susu itu baik untuk kesehatan? Ternyata saya pun baru mengetahui bahwa susu sapi yang diternakan merupakan hasil “pemaksaan” sapi betina itu untuk menghasilkan susu yang di luar kapasitas normalnya. Dengan cara apa? Sapi diberikan berbagai vitamin dan hormon agar hasil susunya lebih banyak dan juga diberikan secara terus-menerus antibiotik untuk meredakan radang pada kelenjar susu yang dipaksa bekerja di luar batas tersebut. Oh My God…begitukah? Jadi susu yang sering kita minum itu sudah mengandung hormon dan antibiotik? Apa akibatnya dengan kondisi tersebut? Yah…sebagian yang mengkonsumsinya akan mengalami alergi dan sebagian lagi akan terkena dampak mendapat suplai makanan/ minuman yang merugikan kesehatan.

Banyaknya suplai makanan yang menyebabkan alergi itulah yang akhirnya membuat tubuh kita bereaksi. Reaksinya dari mulai yang ringan seperti muntah, diare, hingga jerawat, ketombe tiada henti, autoimmune, lupus, dan lain-lain. Akibat makanan yang masuk kurang tepat itulah, sistem hormon alami dalam tubuh juga terganggu. Kita perlu mengenal hormon lebih jelas nih tampaknya.

Hormon adalah zat kimia yang diproduksi oleh kelenjar endokrin dan mempunyai efek tertentu pada aktivitas organ-organ lain dalam tubuh. Kalau mengutip istilah dari dr. David, hormon adalah manager yang mengatur sistem dalam tubuh. Contoh kerja hormon pada manusia yang beliau sampaikan adalah cara kerja hormon estrogen, progesteron, dan testosteron pada pria dan wanita. Kalau pada wanita, hormon estrogen lebih dominan daripada hormon testosteron, maka hasilnya adalah kulit wanita lebih halus, pori-porinya lebih kecil, buah dadanya membesar, dan lain-lain. Hal sebaliknya terdapat pada pria karena hormon testosteron memegang peranan lebih dominan.

Oh iya, ada info menarik yang berhubungan antara hormon dan berat badan ideal. Menurut dr. David, wanita yang memiliki sistem hormon bagus akan membuat metabolisme pembakaran di dalam tubuhnya bagus sehingga tubuhnya bisa tetap langsing lho. Wah, impian banyak orang banget ya bisa makan bebas tapi berat tubuh tetap terjaga. Ternyata rahasianya pada hormon. Nah, berarti kita harus jauhin dong segala hal yang menyebabkan gangguan hormon ini, yaitu perilaku hidup sehari-hari. Misalnya sering begadang, hobi makan makanan yang berkadar gula, makan gorengan jenuh, dan lain-lain.

Gangguan hormon juga dapat menyebabkan proses penuaan berjalan lebih cepat. Pada wanita, efek dari asupan makanan yang banyak mengandung hormon seperti ayam broiler dapat menyebabkan haid datang terlalu awal, misalnya pada anak berusia 8-12 tahun. Kemudian gangguan juga terjadi pada wanita dewasa ditandai siklus haid yang pendek (21 hari). Wanita yang memiliki siklus haid yang pendek biasanya merupakan tanda bahwa menopause datang lebih cepat dari wanita lain pada umumnya. Solusinya adalah sebisa mungkin hindari bahan makanan yang berhormon tadi serta hindari kontrasepsi KB yang mengandung hormon seperti KB suntik.

Balance food atau makanan yang seimbang adalah cara utama menjaga keseimbangan hormon yang membuat kita merasa sehat dan bugar. Dengan sehat dan bugar, kecantikan seseorang pun bisa terpancar. Dokter David juga menguraikan tentang aesthetic berkaitan dengan kecantikan dan keindahan penampilan seseorang, baik berkenaan dengan wajah, kulit, rambut, dan tubuh secara keseluruhan.

Banyak sekali informasi penting yang perlu kita pahami agar kita bisa menjaga tubuh agar tidak terjadi penuaan dini alias anti-aging. Dokter David mencontohkan dalam hal perawatan wajah. Ada berbagai pilihan bahan pembersih wajah dan kita harus paham kapan harus memilih menggunakan sabun wajah, cleansing milk, atau scrub. Siapapun yang menggunakan foundation untuk riasan wajahnya, maka perlu membersihkan wajah setiap malam menggunakan scrub. Scrub yang baik adalah yang terbuat dari bahan alami seperti biji apricot atau scrub pepaya yang mengandung enzim. Lain halnya bila wajah hanya memakai bedak saja mungkin cukup dibersihkan menggunakan sabun.

Olahraga juga merupakan menu wajib bila ingin memiliki tubuh sehat dan indah. Untuk kekencangan kulit, olahraga yang baik adalah lari atau loncat-loncat dan harus diselesaikan dalam 30 menit. Makanan yang seimbang juga kebutuhan mutlak. Sayur adalah menu yang kapanpun sebaiknya ada karena berperan sebagai penetral. Misalnya kita pada pagi hari sudah memakan olahan tepung, maka untuk makanan selanjutnya harus diimbangi dengan sayur seperti salad dan lain-lain. Dokter David memberi contoh makanan yang paling susah dinetralkan, yaitu cheese cake. Bahan pembuat kue tersebut adalah susu + gula + tepung yang semuanya mempunyai sifat buruk bagi tubuh kita. Penyeimbang bila kita habis memakan cheese cake adalah makan 3 mangkuk besar salad! Wah, kalau mau sehat harus disiplin memilih makanan ya.

Selama ini beredar luas pola makan anti makan malam untuk diet menurunkan berat badan. Dalam seminar ini dibahas ternyata itu merupakan cara yang salah. Justru makan malam sangat diperlukan oleh tubuh karena pada saat kita tidur ada 7 (tujuh) hormon penting yang diproduksi, antara lain estrogen, testoteron, kortisol, growth hormone, dan lain-lain. Jadi metoda tidak makan malam akan membuat wajah menjadi terlihat lebih tua. Hanya saja makanan yang dipilih lebih utama yang mengandung protein seperti daging atau ikan dan sayur.

Dokter David juga memberikan motivasi untuk selalu merasa sehat dan bahagia. Tips ini berupa terapi pada diri sendiri yang caranya adalah sebagai berikut :
– Sehabis mandi dan sudah berpenampilan rapi, berkacalah sambil berkata “Saya suka hidup sehat”. Ucapkan ini berulang-ulang sambil menatap wajah kita dengan optimis
– Akhiri ucapan tadi dengan kata-kata “Saya bahagia”

Yang pasti, selalu ucapkan kata-kata yang positif dan rasakan manfaatnya. Hayu kita praktekkan di rumah!

Sambil menghadapi pertanyaan dari peserta seminar yang tidak ada habisnya, dr. David juga bercerita bahwa puasa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad dapat mengobati segala penyakit, termasuk diabetes. Syaratnya memang harus mengikuti cara yang dicontohkan Nabi dan apa saja yang dimakan. Dipikir-pikir memang betul banget yang dikatakan dr. David bahwa kejadian di Indonesia itu kebanyakan puasa tapi makanan saat berbuka tidak terkontrol, seperti “balas dendam” untuk menggantikan napsu makan seharian. Bukannya menjadi sehat, kebiasaan seperti itu malah membawa penyakit karena kondisi hormonnya jadi melonjak-lonjak.

Wah, sebenarnya tulisan sepanjang ini masih belum lengkap memuat semua saran dari dr. David. Yang pasti semua yang dipaparkan beliau benar-benar sangat padat dan “bergizi”. Beruntung banget deh bisa memperoleh info sepenting ini. Berjam-jam mendengarkan seminar ini membuat saya jadi punya banyak hal untuk dikonsultasikan tampaknya. Yah siapa sih yang ngga mau awet muda dan awet cantik? Usia di KTP biarlah bertambah, tapi usia sel-sel tubuh kita jangan berubah atau kalau mungkin sih bisa bertambah muda. Setuju?

Yang ingin konsultasi masalah aesthetic dan anti-aging ini bisa datang langsung ke alamat di bawah ini.
DF clinic
Jl. Leumah Neundeut No.10 Bandung 40164
Telp. (62-22) 2010593 | WhatsApp. 0812 2190 6850 | Pin BB. 7D38BCFC
e-mail. df_clinic@dfclinic.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *